Wednesday, April 8, 2015

MELANGKAH MENUJU BINTANG



 
Keterbatasan rung gerak,
dan kekurang berhasilannya,
tidak harus membatasi ruang pikirnya
untuk merumuskan gagasan cemerlang
(Wikrama, 7-7-2012)

            Generasi muda Hindu (didalamnya termasuk Mahasiswa Hindu) adalah masa depan umat Hindu. Dalam waktu yang sama generasi muda Hindu menjadi bagian warga bangsa dan dunia. Segala gerakan dan tingkah-lakunya merupakan pertaruhan para leluhur dan harapan untuk anak cucu. Tidak ada yang akan hilang percuma, semua akan tercatat rapi dalam sejarah umat manusia. Untuk itu kesalahan dan keberhasilan kita adalah warisan kita yang selalu tercatat sejarah. Mari kita hati-hati menuliskan kisah kita dalam sejarah yang akan menjadi pelajaran bagi anak cucu kita.
            Atas kesadaran itu, maka kesepakatan untuk tetap berkarya untuk umat, bangsa dan negara harus kita kibarkan, dan kobarkan terus. Disadari memang anggota suatu ormas, ketika sudah purna, dan berstatus alumni, memiliki pergeseran orientasi. Tetapi perlu diingatkan dalam kepala kita bahwa jati diri kita hendaknya tetap terbawa, yang selalu menjiwai setiap gerak langkah kita.
            Mari tata kembali strategi berorganisasi kita, ala alumni. Keberadaan kita dalam organisasi yang bernama KMHDI bukanlah suatu kebetulan sejarah, tetapi sebuah keseriusan untuk berkarya. Bukan hanya menuntut ilmunya KMHDI, tetapi tetap memikirkan dan berkarya untuk KMHDI. Barangkali saya, saudara-saudara, teman-teman, embok, bli, dan adik-adik sekalian merasakan itu semua, tetapi untuk kebesaran organisasi ini mari melangkah kedepan seirama, sehingga menghasilkan alunan merdu eksistensi umat Hindu yang kian bergema.
            Memang sumbangsih anggota aktif, dan alumni tidak harus sama dan tidak perlu sama, karena memang kita berbeda. Tetapi setidak-tidaknya : alumni tetap membagi ruang pikirannya dan menyempatkan berpikir untuk kebesaran KMHDI. Alumni tetap melakukan koordinasi dan diskusi tentang organisasi dalam rangka kepekaan kita terhadap berbagai problema keumatan, bangsa dan negara.  Alumni siap menyumbangkan sebagian keberhasilannya, dan kemononjolannya, untuk kebesaran organisasi dan kemajuan umat manusia.
            Mari melangkah kedepan, tanpa harus menoleh kebelakang, seperti apa buruknya dimasa lalu. Mari melangkah kedepan dengan penuh kebersahajaan, tanpa harus melihat seberapa mewahnya jas yang dipakai. Mari berkarya yang mampu kita karyakan, tanpa harus melihat orang lain. Mari melangkah ke depan, tanpa ciut nyali kita ketika dibariskan dengan saudara kita yang sudah berhasil. Mari melangkah kedepan dengan ikhlas, walau posisi kita saat ini sudah tinggi.
            Dengan melangkah, kita sudah memasang tangga menuju angkasa. Dengan melangkah kita sudah terbang di udara. Walau dengan seribu kali transit di berbagai bandara. Bandara-bandara itu akan menjadi saksi betapa kegigihan kita melangkah. Dengan melangkah kita tuju bersama sebuah tempat yang indah yakni eksistensi generasi muda Hindu sebagai generasi pencahaya umat Hindu, dan sekaligus sebagai generasi yang mampu bersaing diantara umat lain dan bangsa laninya. Sehingga langkah terakhir kita mampu capai tempat tertinggi yakni tempat berBINTANG.

No comments:

Post a Comment