Saturday, May 9, 2015

PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS KRELINGBUD



            Keberhasila dalam pengembangan program kewirausahaan sekolah merupakan salah satu bukti keberhasilan kepala sekolah dalam mengemandoi institusi pendidikan bernama sekolah. Kewirausahaan sering terabaikan apalagi untuk tingkatan pendidikan dasar seperti sekolah menengah pertama (SMP). Karena untuk merumuskan program kewirausahaan hingga dihasilkan sebuah produk bukanlah perkara yang mudah. Padahal program kewirausahaan adalah sebuah bagian dari program peningkatan  mutu lulusan.

            Dalam rangka hal tersebut, maka sekolah hendaknya berusaha keras merumuskan program trobosan di bidang kewirausahaan tersebut. Pada era seperti ini, dimana telah terjadi budaya konsumerisme masyarakat yang begitu tinggi. Dimana masyarakat cendrung hanya membeli barang tanpa mau mengembangkan kreatifitasnya. Sehingga kreatifitas masyarakat termasuk generasi muda begitu luntur.
Pada masa ini, juga masalah yang sangat penting untuk disorot oleh lembaga pendidikan adalah masalah lingkungan. Lingkungan kita kian hari semakin rusak. Hal ini perlu kepedulian semua pihak termasuk dunia pendidikan. Untuk hal tersebut, maka mengembangkan kewirahusaan juga diarahkan pada kepedulian terhadap lingkungan.
Dan hal yang tidak kalah pentingnya adalah terong-rongnya budaya bangsa. Karena masuknya budaya asing yang demikian deras, sehingga dapat mengancam runtuhnya sendi-sendi budaya bangsa. Untuk hal tersebut, maka pengembangan kewirausahaan harus tetap berpegang teguh padaupaya pelestarian budaya bangsa.
Dengan demikian, program kewirahusaan tersebut harus berpijak dari sebuah kreatifitas yang diarahkan pada kepedulian terhadap lingkungan dan budaya. Kreatifitas perlu diasah terus untuk memanfaatkan benda-benda yang terbuang dan merusak lingkungan. Karena masalah lingkungan khususnya sampah dan limbah menjadi masalah yang sangat pelik bagi seluruh daerah. Begitu juga budaya dan tradisi semakin terancam di tengah-tengah ekpansi barang impor maupun budaya masyarakat global kedalam negeri kita. Sehingga kebermaknaan limbah dan keajegan budaya sangat ditentukan dari sejauhmana manusia-manusia disekitarnya kreatif.
            Untuk hal tersebut, maka di rumuskanlah sebuah program kewirahusaan yang mengkombinasikan ketiga hal tersebut, yakni kreatifitas, lingkungan, dan budaya yang diakronimkan menjadi Krelingbud. Jadi Krelingbud adalah sebuah pendekatan manajemen kewirausahaan yang bersandarkan pada kreatifitas, dalam mengelola lingkungan sebagai uapaya pelestarian budaya.
            Dengan pendekatan krelingbud, maka diharapkan tercipta program kewirausahaan yang memadukan kreatifitas, kepedulian lingkungan dan pelestarian budaya. Dengan demikian akan tumbuh generasi bangsa yang peduli akan lingkungan dan budaya bangsanya dalam suasana yang kreatif.

No comments:

Post a Comment